Lollipop Forest-578-80

Apa Saja Yang Baru Pada Fiture Android Lollipop?

AifaWarung – Apa Saja Yang Baru Pada Fiture Android Lollipop? : Misteri di balik Android L terungkap. Google akhirnya memilih nama Lollipop untuk sistem operasi Android terbarunya itu. Berbeda dengan pesaingnya yang mengumumkan mobile OS terbaru dalam sebuah acara besar, pengumuman nama Android 5.0 Lollipop ini dilakukan Google hanya melalui blog resminya.

Nama ini sedikit berbeda dari tradisi nama Android sebelumnya yang menggunakan nama hidangan penutup seperti KitKat (4.4), Jelly Bean (4.1), Ice Cream Sandwich (4.0), Honeycomb (3.2), Gingerbread (2.3), dan versi-versi lain yang sudah hadir lebih dulu. Pasalnya, Lollipop adalah nama permen, penganan yang bisa dinikmati kapan saja.

Dijelaskan Google dalam blognya, nama Lollipop dipilih untuk menggambarkan dunia saat ini ketika banyak orang berinteraksi  secara online dengan berbagai perangkat yang ukuran layarnya berbeda – mulai dari smartphone, tablet, hingga TV. Dengan Lollipop, Google ingin membuat pengguna Android merasa nyaman menggunakan perangkat yang berbeda namun tetap saling terhubung.

Banyak kelebihan yang ditawarkan Android 5.0 Lollipop. Yang paling diunggulkan adalah pengalaman yang tetap sama ketika pengguna berpindah perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Berkat desain yang disebut Material Design, semua konten di Android Lollipop merespons sentuhan dan suara pengguna dengan lebih intuitif.

Lollipop juga memberikan tingkat personalisasi yang lebih baik, sehingga pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses perangkatnya. Misalnya, notifikasi apa saja yang bisa kita terima saat sedang rapat dan hanya notifikasi penting yang akan ditampilkan di lockscreen.

Satu hal lagi yang menarik adalah peningkatan efisiensi daya baterai. Google meningkatkan fitur battery saver yang sudah ada sehingga baterai sebuah perangkat bisa bertahan sampai 90 menit lebih lama. Fitur ini tentu sangat berguna karena pengguna tidak perlu khawatir baterainya kehabisan daya ketika jauh dari colokan listrik.

Android 5.0 Lollipop ini segera hadir bersamaan dengan perangkat Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player. Perangkat generasi sebelumnya seperti Nexus 4,5,7,10, dan edisi Google Play akan segera hadir dalam beberapa minggu yang akan datang.

Nexus 6 akan meneruskan eksistensi Nexus 5 yang dirilis oleh LG tepat setahun yang lalu, pada Oktober 2013. Apakah kemunculan Nexus 6 akan menurunkan harga Nexus 5 di Indonesia? Kita tunggu saja.